RSS

Psikologi Sekolah

Tujuan pendidikan adalah membantu peserta didik agar dapat berkembang secara optimal sesuai dengan tujuan pendidikan.
Psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari penerapan teori-teori psikologi dalam bidang pendidikan.
Kontribusi Psikologi pendidikan bagi pendidikan itu sendiri:
1.       Pengembangan kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat program yang direncanakan dilaksanakan baik didalam maupun diluar sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan.
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mempertimbangkan aspek-aspek:
a.       Karakteristik psikologis peserta didik
b.      Kemampuan peserta didik untuk melakukan sesuatu dalam berbagai konteks
c.       Pengalaman belajar peserta didik
d.      Hasil belajar (learning outcomes)
e.      Standarisasi kemampuan peserta didik
Penyusunan buku ajar didasarkan pada segi-segi psikologis peserta didik.
2.       Pengembangan program pendidikan
·         Pengembangan program pendidikan, misal menyusun jadwal pelajaran, ujian, dan seterusnya.
·         Penentuan jurusan atau program
·         Pengembangan program harus mengacu pada upaya pengembangan kemampuan potensial peserta didik.
3.       Pengembangan sistem pembelajaran
·         Pemilihan teori belajar yang akan diaplikasikan
·         Pemilihan model-model pembelajaran
·         Pemilihan media dan alat bantu dalam pembelajaran
·         Penentuan alokasi waktu belajar dan pembelajaran
4.       Sistem evaluasi
·         Penentuan teknik evaluasi (teknik tes/nontes)
·         Penentuan  jenis tes (lisan, tulis dan perbuatan, serta objective/subjetive)
·         Penentuan mengenai waktu pelaksanaan evaluasi
Psikologi Sekolah
·         Penerapan ilmu psikologi berupa pemberian pelayanan psikologis guna tercapainya tujuan pendidikan di sekolah.
·         Psikolog sekolah bertugas membentuk individu yanng sehat mental guna tercapainya proses belajar efektif, seperti:
-          High academic achievment
-          Positive social skills and behavior
-          Healthy relationships and connectedness

-          Competence, self-esteen, and resiliency

0 komentar:

Posting Komentar