RSS

Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.
·         Pengajaran adalah proses pendidikan yang sebelumnya direncanakan dan diarahkan untuk mencapai tujuan serta dirancang utnuk mempermudah belajar.
·         Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber pembelajaran.
History...
v  William James
-          Pentingnya mempelajari proses belajar dan mengajar dikelas (secara langsung).
-          Mengajar pada titik yang lebih tinggi dari kemampuan peserta didik.
v  John Dewey
-          Motor penggerak untuk mengaplikasikan psikologi diangkat praktis.
-          Ide-ide :
·         Active learner (pembelajar aktif)
·         Pendidikan difokuskan pada anak (adaptive, resolved problem)
·         Anak berhak mendapatkan pendidikan
v  E. L. Thorndike
-          Tugas pendidikan disekolah yang terpenting adalah menanaman keahlian penalaran anak.
-          Intelegensi adalah kemampuan abstraksi, kemampuan mekanik, kemampuan sosial.
v  B. F. Skinner  Behavioral
-           Operant Conditioning adalah konsekuensi perilaku akan menyebabkan perubahan dalam probabilitas perilaku itu akan terjadi.
-          Konsekuensi (reward-punishment) bersifat sementara pada perilaku organisme.
Cara Mengajar Yang Efektif
§  Pengetahuan dan keahlian profesional
§  Komitmen dan motivasi
1.       Pengetahuan dan keahlian profesional
-          Penguasaan materi pelajaran
-          Strategi pengajaran
-          Pemahaman kontruktivisme
Anak aktif membangun dan menyusun pengetahuan dan pemahaman.
-          Penetapan tujuan dan keahlian perencanaan instruksional
-          Keahlian manajemen kelas
-          Keahlian motivasional
-          Keahlian komunikasi
-          Bekerjasama secara efektif dengan murid dari latar belakang keltural yang berbeda
-          Keahlian teknologi
2.       Komitmen dan Motivasi
Riset dalam Psikologi Pendidikan
·         Pendekatan riset ilmiah
Riset ilmiah mereduksi kemungkinan bahwa informasi didasarkan pada kepercyaan menggunakan metode ilmiah.
Metode Riset
1.       Deskripptif          : observasi, wawancara, kuisioner, tes standar, studi kasus, studi etnografik.
2.       Korelasional
3.       Eksperimental
Rentang waktu riset
·         Cross sectional : data dikumpulkan dalam satu waktu
·         Longitudinal       : individu yang sama dipelajari selama kurun waktu tertentu
Tantangan Riset
·         Etika
·         Gender

·         Etnis dan Kultur

0 komentar:

Posting Komentar