RSS

Teknologi dan Pendidikan


Ada tidak sih hubungan psikologi pendidikan dengan teknologi? Menurut saya, sangat mempunyai hubungan. Kenapa? Karena dalam pendidikan juga kita belajar tentang teknologi dan kemajuannya. Bukan hanya belajar yang menggunakan textbook sebagai panduan belajar, tapi juga kita bisa memanfaatkan adanya teknologi yang sekarang semakin berkembang untuk proses belajar. Misalnya, menggunakan sarana internet untuk mencari bahan kuliah yang akan dibahas atau juga mengumpulkan tugas dengan cara mengirim e-mail kepada dosen. Hal ini juga membantu mahasiswa agar tidak ketinggalan kemajuan dari teknologi tersebut.

Apakah penting teknologi bagi mahasiswa? Ya, tentu saja sangat penting. Kebanyakan dari kita menganggap teknologi hanya tentang internet. Dalam pembahasan ini kita tidak hanya membicarakan soal internet yang termasuk dalam teknologi, tapi juga sarana-sarana yang digunakan dalam perkuliahan. Seperti, presentasi yang menggunakan proyektor. Dengan menggunakan sarana laptop dan proyektor mempermudah jalannya presentasi. Jalannya presentasi akan lebih baik lagi jika mengilustrasikan atau menjelaskan bahan dengan detail (bisa termasuk didalamnya, foto, video, dll).

Adanya teknologi dalam pendidikan ini sangat membantu para pendidik dan peserta didik. Sedikit cerita tentang teknologi dalam pendidikan yang saya alami. Ketika saya masih SMA, sekolah saya pernah menjelaskan tentang pembelajaran secara online atau tidak tatap muka, melainkan belajar melalui internet yang di posting oleh guru saya. Kami juga menjalankan ujian lewat internet, yang jam mulai dan selesainya ditentukan oleh guru saya. Hal ini membuat kami lebih mandiri dalam belajar. Tidak hanya tergantung dengan adanya guru yang mengajar dengan ceramah didepan kelas. Mungkin tidak semua orang/murid di kelas memperhatikan. Dengan adanya kelas online ini, murid dituntut untuk belajar sendiri tanpa tergantung dengan orang lain.

Dalam pembelajaran disuatu universitas di Indonesia misalnya sudah menggunakan video conference dalam perkuliahannya. Jadi tidak harus datang ke kampus untuk bisa kuliah, tapi juga bisa dimanapun tempat yang membuat kita nyaman dengan sarana yang memenuhi, kita juga bisa belajar selayaknya kuliah di kampus.

Pemberian tugas yang berhubungan dengan teknologi juga bisa membantu berkembangnya kemampuan peserta didik dalam bidang teknologi tersebut. Misalnya yang sudah pernah kita lakukan di mata kuliah Psikologi Industri dan Organisasi, yang melibatkan sistem multimedia dalam tugas yang ada (membuat film). Itu juga membantu peserta didik agar tetap mengembangkan talenta yang ada dan menambahkan pengalaman bagi peserta didik yang belum pernah melakukannya.

Begitu pentingnya teknologi dalam bidang pendidikan kita. Tapi banyak yang menggunakan sarana teknologi ini yang seharusnya digunakan dalam proses pembelajaran di kelas saat dosen ceramah, tapi belum tentu semua mahasiswa menggunakan sarana yang ada untuk pembelajaran tersebut. Sangat disayangkan untuk itu. Mungkin memang efektif pembelajaran dari teknologi kalau kita menggunakannya dengan bijak sesuai dengan tempatnya.

Dengan kata lain, bukan hanya peserta didik yang diharapkan untuk mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang ada. Tapi juga kita mengharapkan para pendidik mengikuti perkembangannya. Agar proses pembelajarannya tidak membosankan dengan teknik mengajar yang itu-itu saja setiap pertemuannya, juga agar mahasiswa atau peserta didik lebih tertarik dengan apa yang diajarkan pendidiknya.

Sekian yang bisa saya sampaikan mengenai teknologi dalam pendidikan ini. Semoga apa yang saya tulis ini berguna bagi pembaca, termasuk para pendidik dan peserta didik. Mari kita menggunakan teknologi bagi kemajuan bangsa kita, terutama dalam bidang pendidikan di Indonesia. J
Terimakasih J

0 komentar:

Posting Komentar